Sehat itu MUDAH

Fitness merupakan kegiatan olah tubuh, yang biasanya dilakukan dengan menggunakan berbagai macam bentuk latihan dengan menggunakan alat. Banyak sekali alat yang digunakan untuk latihan fitness dan alat tersebut bukan hal yang aneh lagi karena pada umumnya tempat fitness atau gym sudah menyediakan alat-alat tersebut. Fitnes ini kini sangat populer terutama di tengah-tengah masyarakat perkotaan. Untuk itu tidak heran apabila banyak orang berbondong-bondong pergi ke gym, baik itu laki-laki maupun wanita.
Fitness dilakukan bukan semata-mata sebagai kegiatan olah tubuh saja, namun dibalik itu semua fitness juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Selain kesehatan fitness juga bermanfaat untuk menjadikan tubuh menjadi lebih ideal dan proposional.  Tidak sedikit orang terutama wanita yang melakukan fitness guna menurunkan berat badan yang berlebih. Khususnya untuk laki-laki, biasanya mereka melakukan fitnes dengan tujuan untuk membentuk otot-otot tubuh. Nah, berbicara tentang manfaat fitnes tentunya tidak akan ada habisnya karena  begitu banyak sekali manfaat yang bisa dihasilkan selain manfaat yang telah kita sebutkan.
1. Komitmen
Biasanya untuk pemula yang baru melakukan fitness sering dihampiri rasa bosen,  dan itu merupakan hal yang wajar. Namun, diharapkan anda jangan kalah oleh rasa bosen tersebut. Untuk itu, anda perlu komitmen sebelum melakukan latihan fitness agar latihan yang anda jalankan tidak berhenti ditengah-tengah jalan.

2. Pemanasan

Sebelum anda melakukan fitness, sebaiknya anda lakukan pemanasan terlebih dahulu. Hat tersebut bertujuan agar otot-otot di dalam tubuh lebih fleksibel sehingga akan lebih siap untuk melakukan fitnes serta mengurangi resio terjadinya cedera. Pemanasan ini bukan hanya dilakukan oleh pemula saja, namun oranng yang sudah biasa melakukan fitnes juga diharuskan untuk melakukan pemanasan sebelum memulai latihan.

3. Gunakan peralatan sederhana

Banyak peralatan yang disediakan di tempat fitness. Untuk anda yang masih pemula sebaiknya gunakanlah terlebih dahulu peralatan yang sederhana dan sebaiknya setiap kali melakukan latihan menggunakan alat dampingilah dengan instruktur.

4. Istirahat

Ketika melakukan fitness janganlah anda terlalu memporsir tenaga anda untuk terus menerus melakukan latihan. Anda juga perlu menyelingi istirahat dalam setiap melakukan latihan. Anda cukup istirahat selama 2 sampai 3 menit.

5. Mencatat riwayat latihan

Mencatat riwayat latihan merupakan hal yang perlu dilakukan oleh pemula. Misalkan ketika anda melakukan latihan beban, maka anda perlu mencatat berat beban pada saat melakukan latihan terakhir atau anda juga bisa mencatat hitungan ketika berlatih. Dengan adanya catatan tersebut maka diharapkan anda bisa melakukan pengembangan latihan ke tingkat yang lebih rumit atau sulit.

6. Pola makan sehat

Mengimbangi pola makan yang sehat ketika menjalankan fitness merupakan salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan. Selain itu gaya hidup yang sehatpun perlu anda lakukan guna menunjang keberhasilan fitness yang sedang anda jalankan. Misalkan, hindari makanan yang mengandung banyak lemak, banyak mengkonsumsi sayur dan buah, serta cukupi kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum air minimal sebanyak 8 gelas perharinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sehat itu MUDAH"

Post a Comment